17 April 2013

Shortcut Buat Komputer Baru Jadi Enteng Dalam Bekerja - Part 1 - Defragment

Sebelumnya saya mau beritaukan kalau ini adalah cara pertama dalam meringankan Komputer anda, sehingga dijudulnya saya tambahkan Part 1-Defragment. Dikarenakan dalam mempercepat atau meringankan Komputer ada 5 tahap.

Ok, saya lanjut yach...


Saya sering mendengarkan banyak yang mengeluh, meski punya Komputer atau Laptop yang baru, tapi masih sangat kurang cepat dibandingkan komputer teman atau saudaranya, atau mungkin rental komputer tercepat yang lain. Katanya "kurang ini" "kurang itu" namun sebenarya kita hanya perlu merapikan semua software yang ada di Laptop atau Komputer tersebut.
Berikut ini saya ada beberapa cara pertama dalam membuat Komputer atau Laptop kamu berjalan maksimal sesuai dengan kemauamu. Namun kamu harus mengetahui terlebih dahulu akan digunakan untuk apa Laptop atau Komputernya kamu.


Ada 3 Jenis spesifikasi menurut saya :
1. Komputer digunakan untuk keperluan kantor, kuliah, atau pekerjaan sehari-hari.
2. Komputer digunakan untuk high design grafis seperti membuat video, lagu, atau editing gambar.
3. Komputer digunakan sebagai tempat mengisi waktu luang denga bermain game.

3 Jenis spesifikasi diatas saya tidak membahasnya disini, karena akan sangat panjang. Yang akan saya berikan buat kalian adalah caranya biar Komputer kalian lebih enteng dalam menjalankan program maupun meringankan tugas dari Komputer tersebut sendiri.
Saat kalian memiliki sebuah Komputer atau Laptop baru, "kecepatan kerjanya dan kestabilannya" hanya bertahan sekitar 1-2 bulan, paling lama 3,5 bulan tergantug dari spesifikasi dari Komputer tersebut. Nah, oleh karena itu ini cara pertama agar Komputer anda dapat bertahan lebih lama enteng dan ringan dalam menjalankan program, dikarenakan penggunaan pertama Komputer menentukan lama tidaknya suatu Komputer tersebut.

Setelah diinstal yakni driver bawaan ataupun program/software yang akan kalian butuhkan buat Komputer atau Laptop kalian, dari toko dimana tempat anda membeli Komputer atau tempat service Komputer, jangan lupa didefrag. Dimana Komputer tersebut seratus persen akan kelihatan tidak teratur seperti gambar berikut ini.



Gambar ini adalah keadaan dimana data pada Hardisk (HD) masih dalam keadaan ribet.

Dimana yang warna merah merupakan data dari hasil instal yang belum tersusun rapi, warna biru merupakan data yang sudah tersusun rapi yakni driver dari Komputer tersebut, sedangkan warna hijau merupakan data bawaan yang sudah berada ditempatnya, dan yang terakhir putih merupakan bagian di HD yang belum terisikan oleh program maupun data lainnya. 

Cara mendefrag HD :

  1. Buka "My Computer" bila tidak ada shortcutnya di Desktop, dapat memilih "My Document" lalu klik "My Computer" 
  2. Klik kanan pada partisi (C), klik kanan pilih "Propertise" lalu pilihlah "Defragment".
  3. Berikutya kalian langsung saja mendefrag (scan), dimana akan terlihat seperti gambar yang diatas jika telah di scan defrag.
  4. Setelah didefrag data yang belum beraturan tersebut dapat tersusun dengan baik  seperti gambar berikut.
  5. Setelah itu, langsung dapat di Restart Komputer anda.




Gambar ini adalah keadaan dimana data pada Hardisk (HD) telah tersusun dengan rapi.

Jika kalian masih ragu atau takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan, kalian dapat memberitaukan kepada Toko tempat anda membelinya maupun tempat service agar dapat mendefragnya. 
Perlu kalian ketahui Defrag seperti halnya rak buka yang seharusnya tertata rapi sesuai dengan judul ataupun pustakanya. Defrag juga sebaiknya digunakan setiap 6 bulan sekali, agar data yang kalian simpan dapat dicari dengan mudah. Defrag juga membantu ada mengetahui apakah HD bawaannya tersebut maupun HD yang telah ada gunakan baik atau tidak. Karena Defrag juga berfungsi sebagai peremajaan kerja dari HD suatu Komputer. 

1 komentar:

Maaf yang saya posting, sudah saya lakukan dan teruji